:: Selamat membaca | Semoga bermanfaat | FOLLOW ME @Insenia-id.blogspot.com ::

Monday, June 6, 2016

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Berpuasa selain dianjurkan oleh agama ternyata mempunyai banyak kegunaan terhadap kesehatan tubuh kita. Banyak orang yang memiliki masalah kesehatan terutama masalah pencernaan merasa ragu atau takut ketika akan berpuasa, namun ternyata berpuasa justru membuat pencernaan kita semakin sehat. Ingin tahu apa saja manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh kita? berikut beragam manfaatnya.


1. Meningkatkan detoksifikasi

Makanan-makanan olahan banyak mengandung zat adiktif kimia yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Sebagian besar dari zat racun ini tersimpan dalam lemak tubuh, dan lemak ini akan dibakar selama kita berpuasa secara berkelanjutan. Dengan demikian, racun-racun tersebut secara otomatis juga ikut dilepaskan keluar dari tubuh.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Selama kita berpuasa, maka organ-organ pencernaan akan beristirahat. Fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal terutama produksi sekresi pencernaan, akan tetapi dengan jumlah yang berkurang, yang akan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pemecahan makanan juga terjadi pada tingkat yang stabil, dan pelepasan energi juga mengikuti pola yang bertahap.

3. Mengatasi masalah peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa mempromosikan penyembuhan penyakit peradangan dan alergi. Contoh penyakit peradangan adalah seperti rematik atau rheumatoid arthritis, dan penyakit kulit seperti psoriasis.

4. Mengurangi kadar gula darah

Selama berpuasa tubuh kita meningkatkan pemecahan glukosa, yang dilakukan agar tubuh bisa memperoleh energi. Hal ini akan mengurangi produksi insulin yang terletak di pankreas, dan glukagon diproduksi untuk memfasilitasii pemecahan glukosa. Dengan demikian, berpuasa berarti bisa mengurangi kadar gula darah.

5. Meningkatkan pembakaran lemak

Respon pertama oleh tubuh terhadap puasa adalah pemecahan glukosa. Ketika persediaan glukosa sudah habis, maka ketosis dimulai yaitu memecah lemak untuk melepaskan energi. Lemak yang disimpan dalam ginjal dan otot juga akan dipecah untuk menghasilkan energi.

6. Mengurangi hipertensi

Puasa juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi tanpa menggunakan obat. Puasa membantu mengurangi resiko aterosklerosis, yaitu tersumbatnya arteri oleh partikel lemak yang menyebabkan darah tinggi.

7. Membantu menjaga berat badan

Puasa bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat, karena akan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Namun puasa tidak bisa dijadikan sebagai strategi untuk menurunkan berat badan yang baik. Menjaga berat badan yang seimbang, adalah langkah awal yang baik untuk bisa hidup sehat berkualitas.

8. Membantu mengatasi masalah kecanduan

Puasa bisa membantu seseorang untuk mengurangi keinginan merokok, alkohol, kafein, dan hal-hal lain yang dapat mengakibatkan kecanduan. Meskipun ada hal lain yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah kecanduan yang berat, puasa bisa berperan baik untuk masalah ini. insenia-id.blogspot.co.id

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete